h1

Garuda sebagai lambang negara, salah ? iya salah.

April 3, 2009

jadi mikir, kayanya Indonesia harus ganti lambang deh. lambang garuda yang sekarang, emang keren sih, ngaku aja saya kalo saya suka burung garuda. tapi saya rasa, garuda ga pantes buat jadi lambang negara, bukannya saya ga nasionalis, tapi yah gimana yah, coba deh liat (baca) pikiran saya :

jadi gini, tadi saya nonton TV, trus ada iklan parpol, yang lambangnya garuda. trus saya jadi mikir. kenapa Indonesia lambangnya garuda ya ? bener sih, garuda itu kuat, cepet, keren, dan lain lain, pokoknya perlambang kekuatan deh. garuda itu mirip phoenix di legenda barat ato fen yen di legenda China. dari desain, garuda itu keren, keren banget, gagah.

tapi, sadarkah kamu kamu sekalian, asal mula garuda ? setau saya sih, garuda itu ada di cerita Mahabrata kan ? nah, peran si Garuda ini, di Mahabrata itu sebagai apa tau ga ? TUNGGANGAN dewa. keren sih dia anak buah dewa, dewa Wisnu tepatnya. tapi, coba deh, TUNGGANGAN. jangan liat status dewa nya. tapi liat status TUNGGANGAN nya.

tunggangan kan berarti diinjek2, selain itu, ada bagian Garuda disuruh ama dewa Wisnu untuk nganterin sejenis ramuan ke dewa Indra. Garuda ini berarti pesuruh ya. kasian. Indonesia make lambang pesuruh. ga aneh, kalo bangsa Indonesia dijadiin semacam pesuruh ama negara lain. lambangnya aja pesuruh, walaupun pesuruh dewa sih.

coba lah kita liat di dunia empiris nya. Indonesia itu negara yang sebenernya bisa jadi kuat, bisa banget. sama dengan garuda, basic nya kuat. tapi, ada yang lebih kuat dari mereka. kalo di dunia empiris, tentunya negara2 besar. kalo si garuda, yang lebih kuat dari dia tentunya para dewa. kita analogikan negara2 besar ama dewa dan garuda ama indonesia. bisa kita lihat, ini lah analogi yang terjadi. Dewa menyuruh Garuda. Negara besar menyuruh Indonesia. masuk akal ?

Quote of the day

“bener kan mantep ?”

-Fahmi, temen saya di HI UNPAD-

9 comments

  1. bener kan mantep?


    • mantep dong, apple gitu loch


  2. apa diganti garuda dengan bitten apple aja logo Indonesia?


    • jangan dong, ganti ama yang filosofi nya lebih dapet. ehehehehe, obrolannya apple mulu nih


  3. FAHMI SOMBONG! APPLE MULU HUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU… GA MAU LAGI AH MAEN AMA MIMI…………!!


    • hiihihi, si cumi di serang


  4. parah2….


  5. lambang negaranya????
    Gundam Astray sajah…hahaha
    Indonesia yang tersesat…kikikik


  6. ah elu den, gundam gak cocok dijadiin lambang negara. gw masih belum kepikiran apa yang cocok jadi lambang negara Indonesia, yang pasti, karena pluralism nya, ga mungkin 1, bisa 1 tapi yang pasti akan rumit, karena akan memuat banyak warna, corak atau gambar, hahahaha



Leave a Reply

