h1

Jadi, entah apa yang sudah ‘mereka’ konstruk di dalam otak saya, sehingga saya dan mereka (tanpa petik) bilang gila itu keren

April 11, 2009

pernah menyadari ga sih ? kalo dibilang Gila anak2 (kurang lebih, tambah 4 tahun kurangi 5 tahun deh) seumuran saya (19) tuh menganggap itu hal yang keren.  bener ga ? misalnya :

saya     : jis, maneh gelo. (jis, kamu gila)

temen : Aing tea ! (siapa dulu dong ? gw gitu)

menyadari ga ? padahal gila itu kan, penyakit. dan gila itu ga keren. coba kamu disamain ama orang gila telanjang dipinggir jalan. dengan alat kemaluan goyang goyang kesana kemari. keren ? haha. penyakit mental itu ga keren, salah, semua penyakit itu ga keren.

entah kenapa ya, saya ga tau siapa, ato apa (makannya ‘mereka’ di judul pake petik) mengkonstruk pikiran bahwa gila=keren. dan saya akan mencoba untuk mengubah diri saya sendiri untuk mengubah kata kata gila itu menjadi hal yang lebih menjurus ke kebenaran nya deh. kaya misalnya, aneh. kalo aneh itu ga tentu negatif loh. aneh kan beda. beda itu keren. maksudnya beda itu keren, ga sama ama yang lain, orisinil, kreatif. dan beda itu bukan penyakit kejiwaan.

oh iya, gokil juga sebenernya gila. jangan dibedakan. itu bahasa preman alias prokem Jakarta. kebetulan saya pernah baca di artikel sebuah majalah remaja, yang namanya gak akan disebut disini. tapi yang pasti itu majalah namanya 3 huruf. terdiri dari huruf H, A dan I. kata majalah itu, asal mula bahasa kaya BOKAP, PROKEM, GOKIL, itu memiliki rumus :

kata asli, setelah huruf pertama nya diselipin huruf OK, terus diambil dua huruf kedepan. jadi kalo BOKAP itu berarti : Bapak+OK=Bokap=Bapak->B A P A K-> (diselipin OK setelah huruf pertama) B O K A P A K-> (ambil dua huruf kedepan) B O K A P=BOKAP. beginilah rumusnya.

taraaa !! begitu lah rumusnya teman teman.

oiya, saya juga benci kalo autis dijadikan sebuah kata kata untuk mengejek temen yang sendirian aja. autisme itu penyakit loh. saya inget status nya kang wirya, senior saya di HI 05, saya lupa kata2nya gimana, tapi yang pasti, kang wirya ga suka kalo autis dijadiin sebuah kata2 untuk main2, karena kang wirya setiap pulang sekolah dulu lewat sekolah anak autis dan kondisinya tidak menyenangkan. terinspirasi kang wirya, saya ga akan lagi mau make kata itu sebagai becandaan. karena emang bener. autisme bukan sesuatu yang keren dan patut ditertawakan. bayangkan kalo anak kamu kelak lahir dengan kondisi seperti itu. apakah kamu masih akan tertawa : “HUAAHAHAHA, ANAK SAYA AUTIS !! GOKIL !!! HIHIHIHIH” ? nggak. nggak mungkin, saya yakin kamu akan teriak, ato setidaknya mengeluh dalam hati :”Ya Allah (atau ya Tuhan), mengapa ujian yang kau berikan begitu berat ??”. begitu lah. saya yakin itu.

so, stop using any mental disorder as a joke ! enough is enough !

Quote of the Day

“man, are you nuts ?”

-seseorang di suatu film yang saya ga tau film apa, tapi itu ada-

One comment

  1. oke. sia sarap. dan aing tidak marah kalo aing dibilang sarap.

    …dan jumat jadi hari ‘autis’ keur urg.

    tapi kalo kata aing mah, autis teh ga separah itu sih, mereka cuma…entahlah, ada di bagian mana yang sedikit lebih menjurus ke dalam…sesuatu…ah, geus teu bener. tunduh.

    ya, kata ‘autis’ jadi berkembang maknanya. itu juga karena pemahaman yang dangkal tentang autisme. ‘mereka’ cuma tahu kalo seorang autis itu hidup dalam dunianya sendiri, jadi ‘mereka’ pakailah istilah ‘autis’ itu buat orang-orang yang seneng sendirian menikmati kesendirian bersama dirinya sendiri (halah, rieut). itu salah juga, orang yang seneng sendiri tuh bukan berarti kayak autis, mereka yang seneng sendiri cuma sedikit ingin bercengkrama dengan diri mereka sendiri. entahlah, merenung atau sajabana. introvert istilahna.

    kenapa aing jadi ngomongin beginian? salah asup kuliah aing begini mah, kuduna di psikologi!



Leave a Reply

