h1

5 Alasan Mengapa Slam Dunk Adalah Manga Olah Raga Terbaik Sepanjang Masa

July 8, 2012

WARNING

SPOILER ALERT !

Di tulisan ini bakal bener-bener heavy spoiler tentang manga Slam Dunk. Kalo yang gak suka spoiler dan belum baca, mending jangan dibaca yaaaa

 Tidak diragukan lagi kalau Slam Dunk adalah salah satu manga terbaik yang pernah dibuat oleh mangaka Jepang. Slam Dunk sendiri bercerita tentang Hanamichi Sakuragi, seorang brandalan yang tertarik untuk masuk klub basket agar bisa dikagumi oleh wanita yang dia sukai, Haruko Akagi. Haruko adalah adik dari kapten tim basket SMU Shohoku, Takenori Akagi. Demi mendapatkan perhatian Haruko, Sakuragi pun mengaku bahwa ia adalah seorang jenius basket, dan akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan klub basket SMU Shohoku. Pada awalnya, Sakuragi menemukan beberapa kesulitan, karena ia adalah orang yang awam basket. Namun lama-kelamaan, akhirnya ia bisa menikmati basket dan menjadi salah satu anggota penting dalam tim basket Shohoku.

Dalam kisahnya di tim basket Shohoku, Sakuragi bertemu dengan berbagai macam orang, rivalnya dalam tim, si jenius Kaede Rukawa, dua pemain berandalan lain, Point Guard Ryota Miyagi dan si cowok pantang menyerah, Hisashi Mitsui. Ia juga bertemu dengan rival-rival dari tim lain, Murasame dari SMU Miuradai, Nobunaga Kiyota dari tim juara daerah, SMU Kainan, Kiccho Fukuda dari SMU Ryonan, Minori Kishimoto dari SMU Toyotama, Hiroshi Morishige dari SMU Meiho Kogyo (tapi pada akhirnya mereka tidak sempat bertanding di atas lapangan) dan Masahiro Nobe juga Mikio Kawata dari SMU Sannoh. Dengan latihan dan bantuan dari teman-teman timnya, juga dengan pertarungan dengan rival-rivalnya inilah, akhirnya Sakuragi menjadi seorang pemain basket yang cukup diperhitungkan di tingkat nasional.

Sekarang saya bakal mengemukakan 5 alasan mengapa slam dunk adalah manga olah raga terbaik sepanjang masa (menurut saya tentunya):

1. Kadar humor di Slam Dunk yang benar-benar pas.

ya, Slam Dunk adalah salah satu manga yang selalu berhasil membuat saya ketawa. Hanamichi yang sok tahu, ditambah lagi teman-teman se tim nya yang tidak suportif terhadap ke-sok tau-an Hanamichi, selalu membuat saya tertawa. Salah satunya adalah ketika Hanamichi sedang on fire ketika menghadapi Ryonan. Hanamichi memasukkan poin setelah ia berhasil ‘mengusir’ kapten Ryonan, Jun Uozomi dari lapangan. Ia berkata ‘AKU JENIUSS !!’, bukannya memuji Hanamichi, teman setimnya malah memuji Akagi yang memberikan assist kepada Hanamichi.

Belum lagi ditambah rivalitas Hanamichi dengan Rukawa, atau rivalitas Hanamichi dengan Kyota, yang selalu dipenuhi adu mulut yang tidak penting dan tentunya, poin humor yang paling tinggi dari seri ini adalah ‘Geng Hanamichi’. Geng yang berisikan 4 orang ‘anak buah’ Hanamichi ini memang selalu membuat kacau keadaan. Entah itu di saat genting (ketika Hanamichi jatuh dihajar Uozumi dalam pertandingan melawan Ryonan) atau saat biasa-biasa saja (ketika Hanamichi latihan shooting jarak dekat). Geng Hanamichi ini sangat mendukung aktivitas Hanamichi dalam dunia perbasketan, tidak hanya memberi semangat ketika bertanding atau menemani Hanamichi latihan, mereka juga pernah ‘pasang badan’ ketika tim basket Shohoku diacak-acak oleh Mitsui dan kawan-kawannya, dan semua, mereka lakukan dengan cara  yang penuh dengan humor…

2. Jagoannya gak selalu menang.

Ini adalah salah satu poin juga kenapa saya suka Slam Dunk. Tercatat Shohoku (pasca bergabungnya Hanamichi) mengalami 4 kekalahan: ketika melawan Ryonan di pertandingan persahabatan, ketika melawan Kainan di tingkat daerah, ketika melawan Jyosei Shonan di pertandingan persahabatan dan ketika melawan Aiwa Gakuin di tingkat nasional.  Gak kayak Captain Tsubasa, atau komik bertema olah raga lainnya, Shohoku gak pernah ngerasain yang namanya juara. Mereka hanya finish di peringkat 2 daerah, dan kalah di pertandingan ke-3 di tingkat nasional. Gak ada apa-apanya dibandingin Tsubasa yang juara ini itu kan ? Tapi justru itulah asiknya, kan kalo jagoannya menang terus gak seruuuu~

3. Gak terlalu banyak drama.

ini juga salah satu faktor yang bikin Slam Dunk jadi manga yang asik dibaca dan gak cheesy. Berbeda dengan komik lain yang seringkali menang dengan selisih tipis atau gol di saat-saat terakhir, Slam Dunk gak kayak gitu. Seinget saya, hanaya ada 2 pertandingan di mana Shohoku menang tipis (1 poin dan 2 poin), ketika melawan si juara bertahan nasional Sannoh Kogyo dan ketika melawan Shoyo. Ketika melawan Sannoh, Sakuragi mencetak angka penentu sehingga skor menjadi 79-78 untuk Shohoku, sedangkan ketika melawan Shoyo, skor akhirnya adalah 62-60 untuk Shohoku (tapi tidak diceritakan siapa pencetak angkanya). Sedangkan di pertandingan lain, melawan Ryonan (di tingkat daerah) Shohoku menang dengan perbedaan 4 angka, melawan Toyotama 8 angka dan yang lainnya mereka menang telak. Unsur drama di tiap pertandingan Shohoku tidak terjadi di akhir pertandingan, tetapi di pertengahan, karena itu lah di setiap pertandingan ada yang namanya klimaks dan anti klimaks 😀

4. Hanamichi Sakuragi bukan karakter yang paling jago di serial ini

Ini juga betul. Kelas Hanamichi ada jauh dibawah Rukawa, Akagi, Mitsui dan Ryota di masing-masing posisinya. Dalam manga ini juga diceritakan kalau kelebihan Hanamichi hanyalah fisiknya yang luar biasa. Berbeda dengan komik olah raga lain seperti Shoot atau Dear Boys, di mana Toshi dan Aikawa sebagai tokoh utama adalah pemain super yang selalu ada di tingkat atas. Hanamichi, walaupun ia bermain luar biasa di tingkat daerah, tetapi namanya tidak masuk best-5 di daerah Kanagawa, ia kalah oleh Akagi dan Rukawa dari Shohoku, Maki dan Jin dari Kainan juga Sendoh dari Ryonan. Di tingkat nasional pun begitu, Hanamichi tidak bisa melebihi kehebatan pemain andalan Sannoh, Masashi Kawata. Ini membuat manga Slam Dunk semakin logis: Hanamichi Sakuragi hebat karena ia gigih dan berbakat, bukan seperti Tsubasa yang kemampuannya setengah dewa.

5. Endingnya yang gak ketebak

Inilah alasan yang terakhir kenapa saya sangat menyukai manga ini. Ya, ending Slam Dunk memang diluar dugaan. Ketika manga lain selalu menceritakan si tim tokoh utamanya juara nasional atau dunia, Slam Dunk berkata lain. Setelah Shohoku mengalahkan tim juara bertahan Sannoh Kogyo, mereka lalu dihajar oleh wakil dari Aichi, Aiwa Gakuin .Selain itu, Hanamichi pun harus berhenti bermain basket untuk beberapa saat karena ia menderita cedera. Ini adalah poin yang sangat positif untuk saya. Karena dengan ending ini, kita sebagai pembaca berhasil digiring kembali kepada ‘fakta’ bahwa Shohoku hanyalah tim basket SMU, mereka hanya anak SMU biasa, dan bukan manusia setengah dewa. Betul kan ?

 

so, itulah 5 alasan saya kenapa Slam Dunk layak mendapat predikat sebagai manga olah raga terbaik sepanjang masa. Kalo kata kalian gimana ?

 

AKU JENIUS !

-Hanamichi Sakuragi-

Advertisements

12 comments

  1. gw kurang setuju sama judul blogpost ini..
    kurang setujunya cuma di kata “Manga”,, yg kalo menurut gw lebih tepat diganti menjadi “Anime”..
    *emang karena gw ga baca manga-nya aja, sih.. heheee 😀


    • kalo anime khan gak sampe lawan Sannoh sama Toyotama Om 😀 hehehehe


  2. ya setuju, bodor banget! hahha tapi cuma baca dikit hiks..
    eiyaa, tabnya di updet dong blog aku udh baruuu hahaha


    • oke mpebzz, nanti di update link2 nya 😀


  3. setujuuuuuu! menurutku hanamichi yang paling hebat jika dia berlatih lebih keras lagi, ya kan.


    • iya, coba aja dia ga cedera, pasti masuk timnas dia


  4. menurutny hanamichi mirip bgt ama balotteli. .


  5. menurut.q hanamichi mirip bgt ama balotteli. .


  6. setuju bangeeeeeeet sama poin 1, 2, 4, 5.. gue juga sering bandingin sama tsubasa yang menang terus dan karakter tsubasa yg sempurna banget.. menariknya hanamichi dan slam dunk karena hanamichi-nya yg kocak dan gak sempurna terus bikin endingnya jd gak ketebak teruuuss. di slam dunk juga gak melulu nyeritaiin hanamichi, ada episode yg fokus di mitsui, rukawa, bahkan di gengnya hanamichi. pokoknya oke bgt dehhh 😀


  7. Hanamichi akan hebat.. tapi tidak karena bakat saja.. tiga bulan baru saja bermain basket sudah hebat adalah KEKONYOLAN.. Mungkin Hanamichi akan benar2 terlihat potensinya maksimal saat dia menginjak kelas 3 .. 🙂


  8. setuju bangeet sama kesemua poin itu! Apalagi endingnya itu bikin komiknya semakin membekas dan unforgettable


  9. Hahaha jadi pengin baca manga ini lagi.
    Bener, banyak kisah-kisah yang bikin kesel. Seperti timnya Hanamichi dibuat kalah gitu, bikin kesel tapi.. serunya ya disitu hahaha…



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: