h1

FIFA 12 Career Mode: THE INVINCIBLE MILAN

July 9, 2012

well, jadi belakangan ini, aktivitas saya selain mengerjakan skripsi adalah memainkan game FIFA 12. Di game ini, saya memainkan career mode di mana saya menjadi pelatih dari sebuah tim, untuk tim pilihan saya, kali ini saya pilih AC Milan. Alasannya sederhana: saya suka AC Milan dan duitnya lumayan banyak.. hahaha…

so, untuk langkah awal, saya menjual beberapa pemain bintang di AC Milan: Zlatan Ibrahimovic dan Robinho. Ini saya lakukan demi menambah keuangan saya untuk menambah defender. Semua CB (center back) juga saya jual, kecuali Thiago Silva dan Alessandro Nesta tentunya, ini karena Philippe Mexes, Danielle Bonera dan Mario Yepes agak kurang cocok dengan gaya permainan saya yang senang memajukan CB untuk merebut bola lawan. Beberapa midfielder pun jadi korban ‘pembersihan’, Antonio Cassano, Massimo Ambrosini, Mark Van Bommel dan Antonio Nocerino saya nilai terlalu lambat untuk permainan saya yang impulsif.

Pada musim pertama, saya membeli Klaas Jan Huntelaar, Christian Eriksen, Bender bersaudara dan Mats Hummels untuk mengisi kekosongan post-post yang ditinggal penghuninya. Pada akhir musim, beberapa pemain seperti Pippo Inzaghi dan Gennaro Gattuso juga Clarence Seedorf menyatakan untuk pensiun. That’s okay, dengan dana segar dan hadiah memenangkan Serie A, saya bisa memperkuat tim lapis kedua saya. Oh ya, kejadian yang gak enak itu ketika Thiago Silva tiba2 minta pindah ke Real Madrid, padahal, dia adalah bek yang sempurna untuk gaya permainan saya.. Kepindahan Thiago Silva ini digantikan dengan kedatangan Giorgio Chiellini dan Jordi Alba.. Yang menyenangkan, ternyata Boateng, Abate dan Pato, sebagai orang2 yang tidak saya jual, berkembang dengan pesat. Mereka ber-3 menjadi anggota penting di Invincible Milan saya. Sekarang saya memasuki paruh awal musim ke-3. Inilah formasi saya sekarang, 4-2-3-1:

Image

baiklah, saya akan jelaskan skema permainan formasi ini melalui definisi tiap pemainnya, dan alasan saya memilih pemain tersebut.

GK: Emiliano Vivano

Stats: 84

Nationality: Italia

Why Him ? saya memilih Viviano karena 1, ia orang Italia dan 2, ia adalah satu dari sedikit kiper yang bisa menahan gempuran tim saya sehingga tim nya ‘hanya’ kalah dengan skor 1-0. Di pertandingan itu juga Viviano menjadi man of the match dengan nilai 9.90. Dia juga orang Italia, itung2 nambah orang Italia di skuad sih 😀 Untuk gaya bermain sendiri agak mirip Julio Cesar, jago loncat, tapi sergapan ke depannya kurang cepat. Tapi cukup buat tim saya yang punya defender gesit 😀

RWB: Ignazio Abate

Stats: 84

Nationality: Italia

Why him ? Simpel aja: he’s the best right winger available in this game. Mungkin untuk statsnya masih kalah sama Philip Lahm (86), tapi kalo udah dicoba, beuh.. Abate itu RWB yang punya offensive awareness tinggi, cocok buat gaya permainan saya yang memang senang menyerang dari sayap. Biasanya skema serangan dimulai dari Viviano-> Hummels/Sven Bender-> Pato/Boateng->Abate-> Huntelaar. Ini skema yang efektif, karena stamina Abate yang luar biasa dan defensive skill nya yang tinggi membuat dia gak gampang kecolongan di bagian flank kanan saya. Ini juga alasan kenapa Pato dijadikan RAM, karena larinya cepat, jadi ketika Pato dan Abate sudah berlari, niscaya tidak ada bek sayap atau midfielder yang bisa ngejar mereka.. hahaha..

LWB: Jordi Alba

Stats: 81

Nationality: Spain

Why him ? alasan yang sama dengan saya memakai Abate, tetapi Alba memiliki kekurangan dalam bertahan. Defensive skillnya gak sebagus Abate. Itu aja. Tapi kalau dalam menyerang, dia salah satu pemain dengan assist terbanyak di tim saya 😀

CB: Mats Hummels-Giorgio Chiellini

Stats: 87-85

Nationality: German-Italia

Why them ? Tinggi, cepat, tackling sempurna, jago baca permainan. Kurang apalagi ? dalam set piece seperti tendangan penjuru pun mereka berdua sering mencetak gol. Sebenarnya, skema asli saya adalah memasang Mats Hummels dan Thiago Silva sebagai tim inti. Tapi sayang, tiba2 saja ia pindah ke Real Madrid. Jadi yaah.. kepaksa beli Chiellini, skillnya sih 11-12, sama2 edan !

CDM: Sven Bender-Lars Bender

Stats: 82-81

Nationality: German-German

Why them ? ini nih yang asik. Mereka adalah anak kembar. Awalnya sih iseng aja mikir, kayaknya keren juga kalo DM nya sodaraan, kembar, sama-sama jago. Tapi ternyata, keisengan saya berbuah berkah. Bender bersaudara ini CDM yang gaya mainnya sama, agak mirip libero (abis dapet bola langsung lari ke depan), dan punya offensive awareness yang tinggi. Jadi, ketika defense lawan agak susah ditembus, Bender bersaudara ini suka otomatis maju ke depan untuk menerima passing pelan dari garis depan untuk longshoot yang JEGEEERRRR !! yang seringkali dikonversi menjadi sebuah gol.. teknik bertahan mereka juga bagus, dan yang terpenting, yang harus dimiliki semua DM, stamina mereka kayak kuda. Bisa dipakai 90 menit penuh tanpa ada penurunan performa. Mantep dah !

RAM: Alexandre Pato

Stats: 87

Nationality: Brazil

Why him ? Dalam 3 frase aja: lari cepat, finishing dahsyat, umpan akurat. 3 alasan ini membuat saya memasang Patop di sayap kanan. Sangat berguna untuk melawan tim seperti apapun (baca aja entry nya Abate). Tapi sayang, Pato itu gampang cedera, jadi harus agak hati-hati juga kalau bek lawannya bek yang suka tackling, sekali kena, bisa absen 2 bulan ! gawat !

LAM: Christian Eriksen

Stats: 82

Nationality: Denmark

Why him ? gak ada alasan khusus sih. Saya emang suka sama Eriksen, tapi kalo di FIFA 12 ini, yaa mungkin skill nya ‘cuma’ gocekan dan umpannya yang akurat. Karena kalo masalah speed masih kalah sama Pato. Tapi kalau dipakai 1 garis dengan Alba, well, tik tak nya lumayan, bisa bikin Alba lolos dan kasih crossing ke Huntelaar..

CAM: Kevin Prince Boateng

Stats: 88

Nationality: Ghana

Why him ? simply the BEST PLAYER of MY INVINCIBLE MILAN. Entah kenapa dan sejak kapan Boateng jadi monster kayak gini. Bisa ngegocek, lari cepet, di-body gak jatoh, tendangan keras dan akurat, operan akurat, crossing jalan, adu heading sering menang, bisa overhead kick, wah luar biasa lah ! Sangat cocok buat ngobrak-ngabrik pertahanan musuh ! and that’s all about him !

ST: Klaas Jan Huntelaar

Stats: 84

Nationality: Holland

why him ? karena dia adalah striker favorit saya di dunia nyata. Entah kenapa, saya suka gaya permainannya yang simpel. Tapi sayang, nasibnya agak bad luck gitu. di Ajax luar biasa tapi gak sukses di Madrid sama Milan, tapi untungnya oke banget di Schalke, Simple striker. Header nya akurat, finishingnya oke. Sangat cukup untuk jadi striker di tim yang second line nya kayak tim saya ini, sangat supportive sekali !

Well, beginilah tim FIFA 12 saya sekarang. Pencapaiannya ? Memasuki musim ke-3, belum pernah kalah sekalipun, juara Serie A 2 kali, Champions League 1 kali, Super Euro 1 kali, Copa Italia 2 kali, super Italia 2 kali, that’s why, this is INVINCIBLE MILAN !!

Advertisements

2 comments

  1. finally, an update haha


    • fuckyeah… hahaha



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: