h1

Super Hero in Motion: My Way To Enjoy Super Hero Movie

July 18, 2012

SPOILER ALERT !

bakal banyak spoiler dalam film dan komik2 super hero DC/Marvel di sini, nikmati aja dengan resikonya yeeess !

well, melihat film-film yang diputar di bioskop belakangan ini, film super hero udah bukan lagi suatu hal yang asing untuk diputar di sana. Sebut aja, Spider-man, Hulk, Thor, Iron man, Dark Knight, Superman, Captain America, X-Men, Daredevil, dan lain-lain. Banyaklah. Dalam tulisan ini, saya gak bakal bahas tentang sejarah film-film itu, tapi saya akan bahas tentang pandangan saya terhadap film-film super hero yang udah dan bakal dibuat.

Selalu ada pro-kontra antara suka dan tidak suka dalam melihat film super hero. Film Amazing Spider-man misalnya. Banyak movie goers yang menilai film ini sebagai film yang tidak amazing, alias biasa saja. Well, kalau menurut saya, sebagai seorang penggemar komik barat, film ini sangat cocok diberi nama THE AMAZING SPIDER-MAN. Spider-man yang saya lihat di film ini kurang lebih mirip dengan Spider-man yang dulu sempat diputar di Indonesia. Saya lupa tahunnya, tapi ketika itu saya masih SD, dan Spider-man ini diputar di RCTI, dalam kurun waktu yang sama dengan X-Men. Mungkin gambar ini bisa membuka kenangan para pembaca terhadap kartun itu:

Naah, Amazing Spider-man itu dibuat berdasarkan Spider-man versi ini. Di Amazing Spider-man, karakter Peter Parker digambarkan sebagai Spider-man yang tengil, jauh berbeda dengan Peter Parker-nya Toby Maguire yang, sebut saja, ngemo. Lalu mutasi gen yang dialami Parker juga berbeda. Dalam Spider-man yang awal, Parker langsung memiliki kemampuan untuk menembakkan jaring laba-laba, tetapi dalam Amazing Spider-man, ia membutuhkan alat tambahan untuk menggunakan jaring tersebut.

Bagi saya yang tumbuh dengan Spider-man versi kartun ini, versi Amazing Spider-man inilah, yang bisa lebih saya nikmati. Walaupun yaaahhh, ada beberapa kekurangan, terutama di tokoh Gwen Stacy yang agaknya terlalu sentral, saya bisa tetap (sangat-sangat) menikmati film ini sebagai penggemar komik. Bahkan di beberapa adegan saya sempat heboh, terutama ketika Lizard muncul dengan lab-coat. DAMN ! IT’S THE LIZARD !!

adegan yang dimaksud:

Lizard yang ada di kartun:

kurang keren apalagi coba ? Manusia yang bermutasi jadi kadal raksasa, tapi tingkat intelejensinya tetap, dan digambarkan dengan lab-coat. SO FRICKIN AWESOME !! Soooo, bagi saya, menonton Amazing Spider-man ini hendaknya ditonton dengan jiwa ‘geek’, jangan dengan jiwa ‘movie-goers’ atau ‘film critics’, karena yaaaahhh, memang sulit untuk menerjemahkan kisah-kisah di komik Amerika ke dalam film (karena banyaknya versi dari komik itu sendiri).

oke, move on to the next movie. contoh lainnya adalah the Avengers. Mungkin banyak yang  bosan dengan film ini. Tapi jujur saja, saya nonton film ini dua kali, dan masih tetap terkesima, mungkin karena ini adalah pertama kalinya saya menonton film super-hero crossover dengan teknologi yang epic. Pemilihan karakter untuk film pembuka seri the Avengers ini pun cukup oke. Iron-man, Captain America, Hulk, Thor, Black Widow dan Hawkeye. Well, dalam versi aslinya, Avengers itu dimulai oleh Iron-man, Hulk, Thor,  Ant-man dan Wasp. Naah, kenapa Ant-man sama Wasp ga muncul ? sedangkan Captain America, Black Widow dan Hawkeye malah muncul ? mungkin ini bisa dilihat dari sisi komersilnya. Coba aja tanya, Ant-man sama Wasp ke masyarakat umum, pasti kebanyakan tidak tahu siapa mereka. Tapi kalau Captain America, dia jauh lebih komersil daripada Ant-man dan Wasp, dan dia juga merupakan salah satu dari pemimpin Avengers (selain Iron Man tentunya). Sedangkan Black Widow.. Well.. Who can resist Scarlett Johansson ? hahahaha… Hawkeye ? dia masih jauh lebih terkenal daripada Wasp dan Ant-man. Bagi saya, mungkin ini adalah salah satu alasan Marvel memilih Captain America, Black Widow dan Hawkeye sebagai pengisi Avengers pembuka.

Untuk upcoming movie dari Marvel, kabar yang saya dengar yang sedang dalam produksi adalah Black Panther dan Dr. Strange. Well, ini cukup bagus, mengingat Black Panther dan Dr. Strange adalah hero yang memiliki peran yang cukup besar dalam dunia Marvel. Dr. Strange sebagai anggota dari Illuminati (sekelompok super hero yang punya plot untuk membentuk dunia yang lebih baik) dan Black Panther adalah anggota baru Fantastic Four pasca the Civil War, dia juga masih saudara dengan Storm (X-Men), sama-sama datang dari Wakanda, Afrika. Mungkin nama Dr. Strange sama Black Panther di Indonesia belum terlalu terkenal, karena memang seingat saya tidak ada media ‘umum’ yang sering memuat mereka berdua. So, mari kita tunggu saja kehadiran film nya 😀

Okay, sedikit akan saya bahas tentang film dari DC Universe deh. Superman. Jujur, Superman versi reboot yang baru2 kemaren ini, agak mengecewakan. Versi Christoper Reeve masih jauh lebih keren dan lebih bisa dinikmati oleh penikmat komiknya. Mungkin ini karena karakter Superman di film versi reboot yang agak terlalu ‘menye-menye’, padahal, Superman itu adalah super hero yang paling maskulin yang pernah ada (menurut saya yaaah).

Untuk Batman. Well, semua Batman awesome, kecuali versi Joel Schumacher. For god sake, it sucks. Mr. Freeze, Poison Ivy, Batman bahkan Robin nya terlalu ‘rame’ untuk muncul dalam mitologi Batman yang kelam. Kalau baca komiknya, pasti bakal ngerti deh kenapa yang versi Joel Schumacher ini gak cocok untuk muncul dalam mitologi Batman. Batman itu semestinya kelam. Alasan Bruce Wayne jadi super hero aja karena orang tuanya mati dibunuh di depan dia. Versi Tim Burton itu keren. Harus diakui, Joker dan Penguin dari versi Tim Burton ini, pasti ‘pernah mampir’ di mimpi buruk beberapa orang yang nontonnya. Joker versi Tim Burton adalah Joker yang bisa kita lihat dari one-shot graphic novel yang berjudul the Killing Joke. Graphic novel ini sendiri bercerita tentang asal usul Joker. Joker di sini digambarkan sebagai seseorang dengan mental yang acakadut, yang bisa dengan mudah mengacaukan kota Gotham. Ia sendiri bisa membunuh orang sambil tertawa santai. Cocok dengan definisi orang sinting.

Dalam Batman versi Tim Burton, Joker digambarkan sebagai pembunuh orang tua Bruce Wayne. Sebenarnya agak sayang sih, karena pembunuh orang tua Bruce Wayne adalah Joe Chill, dan agaknya tidak ada sangkut pautnya dengan kehidupan Bruce Wayne sebagai Batman ke sananya. Tapi ini adalah Joker dengan tipe yang sama dengan Joker di Killing Joke, Batman: Animated Series dan game Arkham Asylum juga Arkham City.

Sedangkan untuk film Batman versi Nolan, ini juga gak kalah bagus.  Mungkin bisa dibilang lebih down-to-earth dan bisa disebut sebagai ‘modern Batman’. Batman versi Nolan adalah Batman yang mengupas sisi paling kelam dari kehidupan Bruce Wayne. Bagaimana ia harus menjaga kota Gotham sambil tetap harus melindungi identititasnya. Dalam film pertama, Batman Begins, diceritakan tentang bagaimana Bruce Wayne bisa menjadi seorang Batman, berhadapan dengan Ras Al Ghul dan the Scarecrow. Menurut saya, Ras Al Ghul dan Scarecrow dalam film ini sudah sangat luar biasa. Ras Al Ghul yang merupakan pembunuh rahasia, dan Scarecrow, seorang ilmuwan gila yang tertarik dengan rasa takut yang ada di dalam setiap manusia. Konflik antara Batman dengan ‘guru’nya (Ras Al Ghul) dan ketakutan yang disebar oleh Scarecrow bisa menggambarkan gelapnya film ini; suatu sisi yang seringkali dikupas untuk memperkelam kisah super hero, di mana super hero juga adalah manusia.

Dalam film Nolan yang ke-dua, the Dark Knight, di sinilah, muncul si musuh besar Batman, the Joker. Joker yang digambarkan dalam film kedua ini adalah Joker yang sadistik, twisted minded, banyak yang bilang, ini adalah Joker yang terbaik (well, saya secara pribadi lebih suka Joker versi the Killing Joke, dia lebih maniak lagi). Di film ini juga muncul Two-Face, penjahat ‘berwajah dua’ yang merupakan seorang mantan pengacara yang ‘membantu’ Batman di siang hari. Penggambaran karakter Two-Face di film ini keren ! Diceritakan prosesnya bagaimana seorang Harvey Dent menjadi two face. FYI, Two-Face itu benar-benar selalu melakukan flip coin untuk menetukan apakah ia akan berbuat jahat atau berbuat baik, ini menunjukkan bagaimana korup nya pikiran seorang Harvey Dent, dan Aaron Eckhart, berhasil membawanya ke dalam the Dark Knight.

Well, untuk DC Universe, upcoming movie yang sudah sangat dekat adalah Dark Knight Rises. Lawannya di sini adalah Bane, teroris jenius yang menggunakan ‘venom’ untuk memperkuat tenaganya. FYI, Bane adalah mimpi terburuk Batman. Satu kalimat yang terkenal dari Bane, dan saya yakin kalimat ini akan memiliki makna khusus dalam the Dark Knight Rises adalah: “BANE BROKE THE BAT !”

Dan yang terakhir, kemungkinan untuk Justice League muncul dalam versi film, hemm, agak sulit menurut saya. Alasannya: Wonder Woman belum dibuat filmnya, padahal ia adalah tokoh sentral dalam Justice League. Kedua, Batman dan Superman yang ‘universe’ nya terlalu jomplang, Batman yang kelam dan Superman yang agak fancy dan ‘menye-menye’.. Mungkin masing-masing butuh reboot (atau salah satunya melakukan penyesuaian) apabila memang DC ingin membuat film Justice League of America.

Well, begitulah pendapat saya tentang film-film super hero. Sebagai seorang fanboy, saya selalu membanding-bandingkan film dengan versi lainnya, seperti komik, kartun dan game. Bagi saya, jarang ada film super hero yang jelek, karena saya selalu menikmati film super hero, dengan mindset bahwa film super hero memang untuk dinikmati, dikagumi, bukan dilihat dari segi sinematografi nya. Jadiiiii, nikmatilah film super hero seperti kita menikmati film kartun ketika kita kecil dulu 😀

Advertisements

2 comments

  1. Wonder woman tadinya udah syuting untuk series nya, sayangnya di cancel karena satu dan lainnya. terus green arrow juga udah siap tayang series nya. JL siap lah dibikin tinggal tunggu reboot batman dulu (sekitar beberapa tahun lagi)


    • dibikin series asa haseum kalo WW, kalo Green Arrow khan bisa dilanjutin dari Smallville.. tapi kalo untuk JLA, ya yang wajib itu WW, Batman ama Superman..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: