h1

Analisis Sederhana Tentang Milan 2012/2013

August 15, 2012

Akhirnya muncul ide juga buat update blog, setelah kemaren2 otak bener-bener stuck karena banyak pikiran, hahaha. Okelah, langsung saja kita ke bahasan kali ini, tentang tim sepak bola kesukaan saya dari kecil, AC Milan !

Melihat Inzaghi, Gattuso, Seedorf dan Nesta pensiun dari Milan, berat rasanya. Mungkin rasanya sama seperti pas lulus SMA, kehilangan teman-teman yang sudah biasa bareng-bareng, well, ya gak segitunya sih, ada di level yang berbeda, tapi, intinya sama, bahwa segala sesuatu, bakal kalah sama waktu, termasuk pemain-pemain ini. Yak, musim 2011-2012 menjadi musim terakhir untuk mereka ber-4. Kepergian mereka diyakini akan memberi dampak besar pada Milan. Banyak yang merasa demikian. Saya juga. Selain itu, Milan juga kehilangan 2 pemain penting: Thiago Silva dan Ibrahimovic yang dijual ke PSG. Juga kehilangan beberapa pemain lainnya seperti Gianluca Zambrotta, Alberto Aquilani yang masa peminjamannya tidak diperpanjang dan juga Mark van Bommel yang nampaknya sudah terlalu tua untuk bermain di liga top Eropa.

oke, kurang lebih, Milan kehilangan 9 pemain. Yak SEMBILAN PEMAIN saudara-saudara. Dilihat dari segi posisi, Milan kehilangan 2 bek sentral yang menurut saya, memberikan kontribusi yang sangat besar untuk Scudetto Milan di musim 2010-2011. Terbukti, Milan hanya kemasukan 24 gol dari 38 pertandingan. DUA PULUH EMPAT GOL SAJA SAUDARA SAUDARA. Ini membuktikan pertahanan Milan yang luar biasa mampu membawa Milan menjadi Scudetto. Dalam beberapa pertandingan di musim 2011-2012, Milan sempat kehilangan Thiago Silva dan Nesta secara bergantian. Di waktu itu lah, sangat terlihat, ketika salah satunya tidak bermain, celah pertahanan Milan. Milan sering kebobolan ketika salah satu dari kedua pemain ini tidak bermain. Lebih hancur lagi ketika keduanya tidak bermain dan digantikan oleh bek medioker seperti Philippe Mexes, Mario Yepes dan Daniele Bonera. Saya tidak merendahkan kemampuan 3 bek pengganti ini, tetapi harus diakui, kualitas mereka jauh dibawah Thiago Silva dan Nesta.

Kehilangan 2 bek sentral membuat Galliani & co. Mencari pengganti yang sepadan. Sampai saat ini, Milan baru mengontrak 2 bek sentral baru: Francesco Acerbi dari Chievo dan Cristian Zapata dari Villarreal. Kemampuan kedua bek sentral ini bisa saya katakan cukup lumayan. Saya belum melihat performa Zapata lagi sejak dia pindah ke Villarreal, namun ia bermain cukup bagus di Udinese, mungkin sama bagusnya dengan Mehdi Benatia di Udinese sekarang. Kuat di udara, cepat, dan bisa bermain di dua posisi berbeda, sentral bek dan bek kiri. Untuk Acerbi, saat di Chievo, ia bermain cukup impresif, namun dalam beberapa pertandingan pre-season Milan, nampaknya ia belum banyak memberi sumbangan berarti. Acerbi sendiri kalau saya lihat masih sering maju hingga tengah lapangan untuk memotong bola. Ini merupakan pedang bermata dua di mana apabila bola terpotong, maka chance untuk melakukan counter cepat sangatlah bagus, apalagi dengan barisan depan Milan yang super cepat dengan Alexandre Pato, Robinho dan Boateng. Namun, ketika gagal, serangan lawan akan mudah masuk, karena pertahanan Milan yang cenderung lambat.

Untuk pengganti Zambrotta, Milan memiliki 4 pemain yang bisa mengisi posisi bek kiri: Urby Emanuelson yang nampaknya akan di-convert menjadi attacking midfielder oleh Allegri, Djamel Mesbah yang seringkali melakukan blunder, Luca Antonini yang angin-anginan dan Mattia De Sciglio, bek muda harapan Milan yang masih minim pengalaman. Sisi kiri Milan pada saat ini adalah titik kelemahan Milan menurut saya. Ketika kalah melawan Real Madrid dengan skor telak 5-1, sisi kiri inilah yang sering dieksploitasi oleh pemain-pemain Madrid. Nampaknya Djamel Mesbah dan Luca Antonini agak sulit untuk menjadi pilihan utama Milan untuk bermain di kompetisi Eropa. Sedangkan Urby, sepertinya ia akan dijadikan attacking midfielder tetap oleh Allegri. Saya menaruh harapan besar pada De Sciglio, walaupun masih minim pengalaman, tapi potensi yang dimiliki oleh bocah yang ulang tahunnya sama dengan saya ini, sangat luar biasa. Rajin menyerang dan tidak lupa bertahan, syarat mutlak seorang bek sayap !

Bergerak ke barisan tengah, sepeninggalan Gattuso, Seedorf, Aquilani dan van Bommel, nampaknya Milan sudah banyak memiliki midfielder yang bisa bersaing, setidaknya di Serie A. mereka adalah: Sulley Muntari, Bakaye Traore, Riccardo Montolivo, Kevin Constant, Antonio Nocerino, Urby Emanuelson, Kevin Prince Boateng dan Mathieu Flamini. Melihat banyak pilihan seperti ini, nampaknya akan sulit apabila dijabarkan satu-satu, tetapi, pemain yang nampaknya akan bisa bersaing di level Eropa hanyalah Boateng dan Montolivo, sedangkan yang lain, nampaknya masih butuh waktu dan pengalaman untuk bermain di level Eropa. Montolivo bermain bagus di tim nasional Italia pada Euro 2012. Sedangkan Boateng berhasil mengacak-acak Barcelona di musim 2011-2012. Namun, dengan physical attribute dari pemain2 seperti Muntari dan Traore, nampaknya apabila Allegri bisa meracik formasi dengan baik, mereka akan bisa menjadi penantang yang serius di level Eropa.

Oke, berpindah ke barisan depan. Barisan depan Milan kekuatannya berkurang dengan cukup signifikan dengan kepergian Zlatan Ibrahimovic ke PSG. Walaupun hanya bermain untuk 2 musim di AC Milan, tetapi masuknya Ibra ke squad Milan memberi suntikan yang sangat besar untuk Milan. Di musim pertamanya, ia mencetak 14 Gol, terbanyak di Milan bersama Robinho dan Pato. Di musim keduanya, ia mencetak 28 gol dan menjadi top scorer Liga Italia. Kepergian Ibrahimovic tentunya akan memberi dampak yang cukup besar kepada lini depan AC Milan. Sedangkan kepergian Inzaghi, nampaknya tidak akan terlalu signifikan karena Inzaghi sendiri sudah jarang bermain di 2 musim terakhirnya di Milan. Harapan Milan sebenarnya terletak pada Alexandre Pato dan Antonio Cassano. Pato yang sangat rentan cedera jarang sekali bermain di musim 2011-2012, sedangkan Antonio Cassano terkena stroke ringan pada paruh akhir musim 2011-2012. Padahal, kalau saja Pato dan Cassano tidak mengalami cedera di musim 2011-2012, saya yakin, Milan akan meraih back to back Scudetto. Lini depan Milan diisi oleh pemain-pemain yang saya rasa bisa bersaing di level Eropa: Alexandre Pato, Robinho, Antonio Cassano dan Stephan El Shaarawy. Pato, Robinho dan Cassano memiliki banyak caps di Liga Champions, sedangkan El Shaarawy, entah kenapa saya memiliki kepercayaan yang lebih kepada anak muda yang satu ini. Semoga saja El Shaarawy mampu mengembangkan potensinya sebaik mungkin sehingga ia bisa menjadi pemain yang berkontribusi besar untuk Milan.

Oke, setelah membahas posisi per-posisi (kecuali kiper yang saya yakin masih dipegang oleh Christian Abbiati yang selalu tampil impresif), saya akan membahas secara keseluruhan. Dengan kondisi squad saat ini, idealnya Milan harus mendatangkan setidaknya 1 orang striker, bek tengah dan midfielder yang berkelas. Saya sih inginnya Milan mendapatkan Giuseppe Rossi dari Villarreal, Yanga M’biwa dari Montpellier, dan Kaka dari Real Madrid, dengan alasan passion dan gaya bermain mereka sangat cocok untuk Milan, dan sangat sesuai dengan kebutuhan. Giuseppe Rossi bisa menjadi tandem Cassano atau Pato di garis depan, sedangkan Yanga M’biwa akan mampu mengontrol barisan belakang Milan, mengingat ia adalah seorang kapten di Montpellier dan untuk Kaka, ia akan memberikan pengaruh positif dari segi mentalitas. Namun, semua ini bergantung pada Berlusconi yang nampaknya ingin menstabilkan keuangan Milan untuk sementara ini. Jadi yaah, mungkin dalam 2 musim ke depan, Milan yang akan kita lihat, agaknya akan berbeda dengan Milan-Milan sebelumnya yang lebih superior.

Dan terakhir, inilah kurang lebih formasi ideal Milan menurut saya dengan keteradaan pemain yang sekarang:

dengan formasi 4-1-2-1-2

GK: Abbiati

DF: Abate, Acerbi, Zapata, De Sciglio

CM: Muntari/Ambrosini, Montolivo, Nocerino, Boateng

FW: Pato, Cassano

Subs:

Robinho

Amelia

Traore

Bonera/Yepes

Urby

El Shaarawy

Antonini/Flamini

well, begitulah sedikit ulasan saya tentang Milan musim depan. Ini hanya analisis pribadi saja sebagai penggemar sepak bola dan AC Milan. Akhir kata, FORZA MILAN !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: