h1

Jalan-Jalan

January 4, 2014

Aku sedang berjalan di setapak salju yang dingin

Di kejauhan aku melihat balok es menari-nari

Ia dingin dan kaku, tetapi ia bisa menari

Aku dekati, ia berhenti, sudah tidak kepingin ?

 

Salju mencair menjadi danau, danau luas dan dalam

Di kedalaman, aku melihat ada rumput laut terdiam

Hey rumput, kau diam saja, apa kau sakit ?

Ia tak menjawab, ah tentu saja, dia Cuma rumput, apa jiwaku sakit ?

 

Rumput terbakar menjadi api, lautan api yang anggun

Di ketinggian, aku melihat ada aku di tengah lautan api

Oh aku bisa terbang, tapi aku melihat aku sendiri

Bagaimana ini ? Apa ini mimpi ? Kalau mimpi, aku tak mau bangun

 

Lautan api padam menjadi abu, kumpulan abu tebal menghitam

Di dalam kumpulan abu, aku melihat kumpulan tulang belulang

Punya siapa ya ? Punya aku kah ? Sepertinya tidak, aku belum menghilang

Aku masih terbang, di sebelahku ada burung, ia menyapa dan memberi salam

 

Abu terbang tertiup angin, menjadi hamparan tanah merah kosong

Di cakrawala, aku melihat seorang kakek yang seram, matanya bolong sampai kerongkong

Aku mendekati si kakek, lalu bertanya, kek, ini di mana ?

Ia mendelik, dengan tatapan kosong ia berteriak, DI BAWAH SADARMU, ANAK GILA !

 

Tanah merah tiba-tiba berubah, ditumbuhi rumput hijau yang segar

Di tengah kagetku tadi, si kakek itu menghilang tanpa jejak, aku gegar

Ah, siapa sih kakek tadi ? sudah ompong masih bikin sebal

Sedang enak jalan-jalan, malah disadarkan, kakek bebal !

 

Rumput itu lalu mulai memutih, lalu tertutup salju lagi

Di kejauhan, kembali aku melihat balok es menari-nari lagi

Ah, kali ini tidak akan aku dekati, nanti kalau didekati malah hilang lagi

Siapa tahu mereka akan terus menari, sampai aku terbangun lagi

 

 

jalan jalan di alam teuing naon, alam mimpi ?

Leave a Reply

