h1

Kumaha Ngke !?

January 12, 2014

Demi mengejar 1 hari 1 pos, dan karena hari ini cukup padat, gak sempet bikin yang aneh-aneh, jadi yah, kembali lah, tulisan santai, menyelasaikan tulisan yang beberapa hari yang lalu belum beres.. okeh, jadi begini..

Kemaren-kemaren lagi ngobrol sama temen deket, biasalah, ngomongin masalah hidup, yang sebenarnya gak bermasalah banget. Seperti biasa, saya terlalu banyak mikir untuk sesuatu hal, sehingga kadang suka ga santai ngejalaninnya. Tapi, semua ketidak-santai-an itu hilang ketika salah satu teman dekat saya bilang: ‘Udah Bum, jalanin aja dulu, nikmatin, yang belum tentu mah kumaha ngke’. Hemm, bener sih. Kadang saking kejauhan berpikir ke masa depan, kita (saya) memang malah suka jadi lupa dengan apa yang sudah ada di masa sekarang. Kenapa gak nikmatin aja prosesnya ? Hasilnya sih gimana ntar aja, yang penting udah usaha, ya kita nikmatin aja usahanya dulu, gagal atau berhasil, ya gimana ntar. Bener sih.

Nah, ini saya jadi kepikiran lagi sama yang suka bilang ‘nanti gimana ? bukan gimana nanti’. Orang yang ngomong gitu biasanya orang yang kelewat serius ngerencanain sesuatu. Berencana itu gak jelek sih, Cuma kalau terlalu lama ngerencanain juga, pas gagal malah lebih sakit jatohnya. Saya jadi inget prinsip dulu, pas masa awal-awal kuliah, masa-masa saya pesimis sama apapun, sama orang-orang utopis: cita-cita akan mati di depan kenyataan. Mungkin terdengar terlalu sadis sih itu, tapi yah, namanya mahasiswa masih bego dulu. Saya baru mulai optimis lagi setelah masuk kelas Studi Budaya dulu, diajarkan bagaimana kalau sebenarnya di dunia itu banyak konstruksi. Hancurkan konstruksi itu, hidup nyaman. Ternyata teori itu benar, hehe. Sekarang saya gak terlalu optimis, gak juga terlalu pesimis, yah, jalanin aja dengan santai. Berlari pada waktunya. Tidak usah berlari di yang bukan pada waktunya, asal sampai.

Nah, kadang mindset kumaha ngke ini bakal kepake di situasi kayak gini sih. Saya sekarang harus mulai membiasakan kayak gini. Gimana kalo tiket gak dapet ? gimana kalo hotel gak dapet ? gimana kalo ini ? gimana kalo itu ? AH KUMAHA NGKE ! Nah. Sebenarnya kumaha ngke di sini itu bukan masalah ignorance  sih. Tapi masalah kesiapan kita untuk menghadapi sesuatu yang tidak terduga. Masa depan itu abstrak. Belum jelas. Ada jutaan kemungkinan di sana. Gak ada yang tau apa yang bakal terjadi. Pas nulis ini, ada temen juga yang bilang ‘yakin membawa ke kebenaran’, ya bisa juga itu.  Yang penting sih tujuan jelas dulu, masalah sampenya kapan, ya gimana ntar. Asal nyampe.

Ah, ternyata tulisan ini belum beres, ada lagi ke-ngehe-an yang bisa diselesaikan dengan kumaha ngke. Jadi, tadi  pagi, sepupu saya yang paling tua dari keluarga babeh menikah. Saya nomor 2. Otomatis semua mata dan mulut iseng tertuju pada saya. Pertanyaan itu muncul. KAPAN NYUSUL ?. hmm, sebenarnya saya bisa jawab dengan paparan ini, tapi, ga mungkin saya bawa print-an tulisan di atas kan ? akhirnya saya jawab “ah santai lah”, sambil ngeloyor, ngambil kerupuk udang. Gak sopan ? siapa yang duluan gak sopan ?. Tapi ya intinya gitu sih, nikah kan bukan balapan, kembali lagi, asal nyampe dengan selamat gitu loh. Kalo kekebutan, tapi cilaka kan gawat. Nikah dengan yang gak kita sayang gitu. Wah. Nggak deh. Saya 24 tahun, masih ada waktu lah. Bukan nya meremehkan waktu, tapi meremehkan pandangan (kebanyakan) manusia tentang waktu itu sendiri kalo saya mah.

Intinya, kadang kita harus menunggu gitu untuk sesuatu hal yang baik untuk kita. Gak harus ngebut. Gak harus kekecotan (bolehl ah kekecotan dikit biar ada sensasi, asal jangan keseringan), Cuma ya gitu lah, dalam sepak bola juga gak jarang kok gol indah tercipta setelah belasan operan, gak Cuma sekali oper lalu jebred. Heheh.

Btw, nanti tanggal 14 Januari bakal ada post istimewa. Ya ! Post pertama sebagai anggota Teman Tinta ! Ditunggu yaaa !!

Leave a Reply

