Archive for September, 2015

h1

Scenes From a Memory: Part 1. Scene I: Regression.

September 16, 2015

Taken from:

Scene one: Regression

Another sleepless night. 4th time in a week. I can’t handle this anymore. It is always there, haunting me. The same scene. A girl killed. With a shotgun. I don’t know who she is, I don’t know who killed her. It is not like any other dream. It feels real. I can feel my hands getting from the fear I get when the killer said “OPEN YOUR EYES VICTORIA !”. Victoria. The only thing that I know about it. The dead girl is Victoria. I see Victoria died every night.

My co-worker Jonathan, said to me that I should go see a doctor. Psychologist, or psychotherapist. I don’t know what differs them, but point is, Jonathan can’t stand to see me like this. You know, big eye bags as if I am got stung by a bee every god-damned night.

That nightmare. It haunted me. The nightmare that is so gross, so bad so that I don’t want to go to sleep, because if I do, I can’t help but see the nightmare. I finally made an appointment with a famous psychologist, but it didn’t work. Same thing with psychotherapist, they gave me drugs, but that’s it. The nightmare still occurs. Until one day, Aunt Bethany told me to visit a hypnotherapist near my apartment. She said that she once had such a dream, about a man who took her fishing. It was pleasant, but after every dream, she wants to cook fishes. Something that is being frowned by Uncle Phil, her husband who hates fish, by the way. Aunt Bethany visited the hypnotherapist for like 4-5 times. And it worked. The dream is gone. Well, it is better than nothing, so I decided to visit the hypnotherapist.

It was a small building just behind my apartment. In front of it, a small sign that shows an eyes, with pendulum in front of it, with the doctor’s name in it: ‘Edmund Brooke, CCH’. I’m not used with this. I never came into any of alternative medication like this, it is somewhat not scientific, nor maybe, pseudo-scientific, as a logical person, I cannot simply accept that. But this time, for the sake of my own sanity, I have to. I hate this but I have to.

I’ve made an appointment on 2 pm on Saturday. I get a day off on Saturday and Sunday, just like a regular American Joe. It is 1.45 pm now. For such a close building, it is easy to get late for an appointment. At first, it was like “okay, it’s only 5 minutes walk, why bother ?” then you forget your key. Then the apartment door is locked from the outside, and yes, you also forget your wallet. And it took 10 minutes for the apartment master to open the door, then fuck you, the wallet and the key were always on your pants all along. 10 minutes wasted, and you are 5 minutes late to the appointment. I don’t want that, so I came 15 minutes early.

The waiting room is a pleasant one. Well furnished with wooden interior. Never thought that someone who hired a miserable building in a miserable neighborhood can afford something like this. But heck, not my problem. My problem is the nightmare. Aunt Bethany said that the hypnotherapy will start on the second meeting, but she was took the 1 hour course. Of course she can do that, she’s at home all thay, so she can go to the hypnotherapist everyday. I took the 2 hours course because I don’t really have time outside the weekend.

It’s 2 pm and the hypnotherapist’s room is open. A tall man came out of the room, he seems dizzy. I can only see the tall man, but I’m pretty sure he is talking to the hypnotherapist, he thanks the hypnotherapist deeply. I can see it from his gesture. Well, maybe he’s having another series of nightmares just like me. What’s the name, sir ? Mine is Victoria, how about you ? Really curious about it, but it’s impolite to do so. Just as the man close the door, the assitant called “Mr. Nicholas, please come in.”

I came into the room. It is a big room with a big sofa in the middle of the room. With a small coffee table beside it, and a bigger table, the hypnotherapist’s table in the corner of the room. Behind the table, there’s the hypnotherapist’s chair, and behind the chair, is the hypnotherapist’s collection of book. Lots of book. Most of them are about psychology and psychoteraphy. I bet I can found countless editions of Freud and Jung among them. Well, they’re then only two psychologist I know. Ha ha.

“hello, Mr. Nicholas, nice.. well, nice to meet you, I am Edmund, your hypnotherapist.” Said Edmund, introducing himself. I know he is Edmund, and I know he is my hypnotherapist. And, fuck you, Edmund, it is not nice to see you. It is never nice to see something like you because it is definitely because something is wrong with me. Maybe that’s why he stuttered. But heck, sometimes it is funny to accept this kind of thing as something polite in our society. Enough of that, my nightmare is more important than the impudence of the society.

I spent the first one hour telling Edmund about my problem, and how it affects my life in a very negative way. And Edmund, in his charming –oh man, really, he got this weird psychotic charm, you know, like Joker’s charm in many of his incarnation, his exact charisma that can make Harley Queen fall into him. And I just talk, and talk, and talk about my problem. In the end, he concluded that my problem is something that is called a ‘past life regression’. It is a fantasy or delusion –or nightmare, that is formed from what Edmund believed is my past life. So, he concluded that in the past, I might be Victoria, or the killer, or someone else in that story. In Victoria’s story. After my story, the hypnotherapy begins. I sit on the sofa, and Edmund sit beside me in the small chair.

Edmund said “Close your eyes and begin to relax. Take a deep breath, and let it out slowly.” I do what he said. “Concentrate on your breathing. With each breath, you become more relaxed. Imagine a brilliant white light above you, focusing on this light as it flows through your body. Allow yourself to drift off as you fall deeper and deeper into a more relaxed state of mind.” I feel more calm, just like Edmund’s voice. “Now, as I count backword from then to one, you will feel more peaceful, and calm. Ten. Nine. Eight. Seven. Six.” I feel much calmer. And Edmund’s voice started turn into a loud whisper. “You will enter a safe place where nothing can harm you. Five. Four. Three. Two. If at any time you need to come back, all you must do is open your eyes. One.”

I lost my surrounding, and I see a blinding white light. It engulfs me.

Part 1 scene I ends here.

Next part: Part 1 scene II.1: Overture

h1

Scenes From a Memory: an Introduction.

September 16, 2015

scenes

Well, I kinda bumped that I don’t have any special ideas for writing. I’ve been talking about “deciphering” Dream Theater’s Scenes From a Memory album in form of a semiotic analysis, but trust me, it would be boring. So, I decided to write stories out of it. Following the lyrics, re-telling the stories –with my imagination-, of what happened between Victoria, Edward, Julian, Nicholas, and the Theraphist. And of course, I will quote some of the lyrics as well.

For an overview, I’ve been a Dream Theater fans for only like 8 years or so. My classmate in the college introduced them to me. It was a mind blowing experience listening to John Myung’s bass tapping sequence in Metropolis. From there on, I always listen to their songs, follow up their new albums, attend their concert, pretty much what a music fan would do.

For me, Scenes From a Memory (1999) is one of my most favorite album of any bands, ever. If someone asked me, “hey, what album would you pick if you can only play one album for the rest of your life ?” it probably won’t take long for me to answer “Dream Theater’s Scenes From a Memory.” For me it’s a unique album. A concept album (google it, just google it if you don’t know) is always interesting, but Scenes From a Memory, really stood in the top of my list (A little bit above Mastodon’s Blood Mountain). Okay, enough about the albums, now about the story. The story is about a man named Nicholas who went to a hypnotherapist because he has been haunted by countless nightmare about a woman named Victoria. The hypnosis is done to uncrack the mystery and history of Victoria. Who is Victoria ? Well, let’s find out !

Click here for the writings:

Scenes From a Memory

Part 1

Scene I: Regression

h1

Semangkuk Es Krim Dingin

September 9, 2015

Duduk sendiri tanpa penghalang

Di tengah hiruk pikuk

Manusia kecil berlalu lalang

Berteriak-teriak

Di hadapanku ada susu membeku

Ada sendok tertancap mantap

Untuk menghantar sebagiannya ke mulutku

Ke dalam kosong pandanganku menetap

Kosong yang kamu tinggal pergi

Ingin sekali kosong itu terisi lagi

Dengan kamu duduk di sini

Menikmati semangkuk es krim ini

20150909_140340

h1

Jemput Aku di Pertigaan Itu

September 7, 2015

“Mati itu nggak segampang yang lo bayangin Din ! Lebay lo ah, baru gitu aja !” begitu aku memaki telepon genggamku. Di ujungnya, ada Dina yang baru saja bilang “Dev, gua mau mati aja.” Dina baru saja bertengkar dengan pacarnya, Rindra, yang memang brengsek. Sebentar lagi mereka menikah, tetapi Rindra masih sering menyeleweng dengan perempuan lain. Hah. Pasangan yang menyebalkan. “Din, gua serius, gua udah sering cerita tentang yang itu kan ?” kataku mengingatkan Dina tentang suatu cerita yang sering kuulang, tapi Dina tidak kunjung percaya. Bukan hanya Dina sih, yang lain juga. “Dev, gua cerita serius, lo masih mau kekeuh sama cerita lo itu ? FINE !”. Telepon diputus. Dugaanku, Dina langsung menangis lagi di kamarnya. Tapi ya sudahlah, aku tidak perlu khawatir. Dina belum akan mati. Setidaknya, terakhir kali bertemu, dia sendirian. Tidak dengan sosok itu.

Kisahku ini dimulai ketika aku berumur 8 tahun. Ketika itu aku masih bersekolah di sebuah SD Negeri di Bandung. Lokasinya dekat dengan rumahku, hanya 200 meter saja. Jika berjalan kaki, 5 menit sampai. Di dekat sekolahku itu, banyak kucing liar berkeliaran. Entah kenapa, tidak ada yang berniat men-steril-kan sekolah dari kumpulan kucing. Padahal banyak yang alergi dengan bulu kucing. Ah, tapi ketika itu aku masih SD, belum mengerti, belum mau peduli. Pernah suatu hari aku melihat seekor kucing mati di depan mata. Terlindas truk, lalu lehernya patah. Setelah itu, anak-anak senior mengambil kucing itu, dan malah menendang-nendangnya. Brengsek memang. Waktu itu aku melihat ada bapak-bapak dengan kaos hitam, bergambarkan tengkorak, berteriak-teriak di sebelah anak-anak itu. Tetapi anak-anak itu tidak menggubrisnya. Mereka tetap menendang-nendang kucing itu. Lucu katanya. Aku masih ingat kalimat menjijikan itu, “IH LUCU ! LEHERNYA BISA MUTER !”. Tak lama, kucing itu mati. Bapak-bapak itu lalu menunduk, memungut sesuatu, dan dalam satu kedipan mata, ia menghilang. Aku bingung, kenapa anak-anak itu tidak menggubris bapak-bapak itu, dan bapak-bapak itu sepertinya tidak benar-benar berniat menghentikan anak-anak itu. Aku juga belum pernah lihat bapak-bapak itu, kukira, dia orang tua murid. Aku salah. Waktu itu, aku belum tahu kalau bapak-bapak itu adalah malaikat kematian.

Ketika berumur 13 tahun, aku masih hidup di Bandung, sedang bersekolah di sebuah SMP negeri. Lagi, lokasinya dekat dengan rumah. Hanya 1 kali naik angkot. 20 menit sampai 30 menit saja waktu tempuh dari rumah ke sekolah. Kali ini, aku melihat bapak tukang becak yang meniggal dunia tepat di depan sekolah. Kata rumah sakit, bapak itu terkena serangan jantung. Ya, banyak yang melihatnya begitu, tapi kembali, aku melihat sosok bapak-bapak berkaos hitam bergambarkan tengkorak itu lagi. Bapak yang sama yang muncul di dekat kucing yang mati ketika aku SD. Bapak itu kali ini duduk di belakang si tukang becak. Ia seperti menekan-nekan punggungnya dari belakang. Tak lama, bapak tukang becak seperti yang tertidur, lalu becaknya terguling, seketika ia meninggal di tempat. Sebelum pergi, si bapak kaos hitam itu seperti mengambil sesuatu dari tubuh si tukang becak. Aku tak tahu itu apa. Setelah mengambil, ia langsung pergi begitu saja. Kembali, tidak ada yang melihatnya, padahal jelas-jelas ia berjalan di sebelah tubuh bapak tukang becak yang sudah tidak bernyawa. Ah entahlah.

Butuh waktu hingga bertahun-tahun buatku untuk menyadari bahwa bapak-bapak berkaos hitam itu adalah malaikat kematian. Dulu, ketika mengaji, aku selalu berpikir sosok malaikat kematian adalah lelaki bersayap hitam, yang mampu mengambil nyawa dengan tangan yang menembus ke tubuh orang yang dicabut nyawanya. Tapi teryata aku salah. Ternyata wujud dari malaikat kematian adalah bapak-bapak biasa berkaos hitam bergambar tengkorak. Bapak-bapak ini berambut klimis, berkumis tipis, berkulit sawo matang, mirip dengan teman SD dan SMP-ku, Agung. Oleh karena itulah aku sempat mengira malaikat kematian ini adalah bapaknya Agung. Maaf ya Gung, aku kan masih bodoh waktu itu.

Aku mulai menyadari bahwa itu adalah malaikat kematian ketika seringkali melihat sosok malaikat kematian dalam produk-produk seperti kartun, dan sejenisnya. Biasanya, malaikat kematian digambarkan dengan sosok tinggi, dengan jubah hitam, berwajah tengkorak, membawa sabit besar. Tapi ternyata, beda budaya, beda malaikat kematian. Seperti beda ladang beda belalang. Ada Thanatos di Yunani, Mania dan Mors di Roma, ada Santa Muerte di Mexico, dan masih banyak lagi. Namun, semua memiliki kesamaan, digambarkan memiliki warna hitam. Yah, mereka tidak salah sih, malaikat kematian memang memakai kaos hitam, bergambar tengkorak. Aku tidak tahu kenapa, tapi ya begitulah dia.

Aku berhasil mengkonfirmasi dugaanku bahwa bapak berkaos hitam adalah malaikat kematian ketika di bangku SMA. Pada waktu itu, aku mendapatkan kesempatan untuk mendatangi rumah potong hewan yang berada di salah satu universitas negeri di Sumedang. Di situ, aku diperlihatkan bagaimana cara memotong hewan. Ternyata, sebelum dipotong, tukang potong itu dituntun oleh si bapak berkaos hitam. Ia menggandeng tangannya, hingga menuntun tangannya meletakkan ujung pisau yang sangat tajam ke leher kambing yang meronta-ronta menyambut kematiannya. Dan benar saja, tak lama setelah si tukang potong menarik pisau dari leher kambing itu, si malaikat kematian mengambil sesuatu dari tubuh si kambing. Aku tidak tahu apa sesuatu itu, tapi aku rasa itu nyawa.

Manusia itu hebat. Berani menerka apa yang tak pasti. Coba bayangkan, apa itu nyawa ? Apa kamu pernah lihat nyawa ? Tapi sepertinya kita dapat dengan mudah mendefinisikan nyawa. Aku yang bisa lihat malaikat kematian saja, sampai sekarang tak bisa melihat nyawa. Tapi mereka yang tidak bisa melihat malaikat kematian, malah mencoba membuat istilah-istilah seperti “mencabut nyawa”. Itu pertanyaan besar bagiku. Apa itu nyawa ? Ada di manakah nyawa itu ? Apakah nyawa yang menopang hidup mati manusia ? Aku belum bisa menjawabnya. Tapi mungkin suatu saat aku bisa, ketika bapak berkaos hitam itu menawarkan jasanya kepadaku.

Yang kulihat dari kematian-kematian yang pernah kusaksikan, memang jujur saja tidak ada yang enak. Semua terlihat menyakitkan. Aku belum pernah merasakannya, tapi yah, terlihat menyakitkan. Terlihat dari ekspresi orang yang diambil nyawanya, atau dalam hal kambing yang dipotong kepalanya, pernah suatu saat tanganku terluka karena cutter, tapi ya itulah, sakit sekali. Bayangkan jika leherku yang digorok. Hih, pasti sakit sekali. Sejauh yang aku lihat, tidak ada kematian yang tidak menyakitkan. Bahkan, kematian yang tenang, seperti ketika kakekku meninggal karena sudah lama sakit, dan keluarga memutuskan untuk mencabut alat bantu hidup. Ketika itu, aku melihat si bapak berkaos hitam ada di sekitar suster dan dokter yang mencabut alat itu. Membisikkan sesuatu. Entah apa. Tapi tentunya dokter dan suster itu tidak menyadarinya.

Ekspresi kakek tidak menyiratkan rasa sakit sama sekali. Mungkin tidak sakit. TAPI, ketika melihat wajah ibuku –anak dari kakek, aku tidak mampu menahan tangis. Ketika mengingat kenangan dengan kakek, mengajak ku ke kebunnya di Lembang, mengangkatku, menganggapku pesawat yang menaburkan pestisida –cita-citanya, memiliki ladang yang sangat luas, sehingga menaburkan pestisida saja harus pakai pesawat. Ketika ia membacakanku cerita-cerita dongeng, dan selalu mengakhirinya dengan “kamu nggak boleh cengeng kayak princess ya, kamu nggak harus nunggu pangeran untuk jadi kuat ! kamu harus jadi princess yang bisa ikut bertarung dan berguna untuk kerajaanmu !”, sebuah pelajaran yang kupegang hingga sekarang, sehingga aku menjadi perempuan yang tomboy.

Ya, dalam kematian kakek, aku mempelajari, bahwa tidak ada kematian yang tidak menyedihkan. Selalu ada yang tidak senang ketika seseorang meninggal dunia. Bahkan ketika Hitler tewas sekalipun, aku yakin pasti bawahannya banyak yang bersedih. Ah, ketika memikirkan bagian itu, aku seringkali memikirkan, bagaimana sosok si bapak berkaos hitam di masa itu ya ? Masa perang. Banyak yang tewas. Ia pasti sibuk sekali.

Yah, pokoknya begitulah kisahku dengan malaikat kematian. Dina tidak mau dengar apa kataku tentang kematian, dan tidak percaya kalau aku bisa melihat malaikat kematian. Wajarlah, sangat tidak mungkin sekali memang. Dan konon, katanya kematian adalah rahasia Tuhan, tapi yah, bagaimana jika Tuhan mau memperlihatkan rahasianya kepadaku ? Lagipula, hanya beda beberapa detik saja dari kemunculan si bapak berkaos hitam ke waktu kematian orang itu, dan aku juga tidak tahu kapan bapak itu akan muncul. “Tapi Pak, kalau mau muncul, tolong jemput aku di pertigaan itu ya.” Kataku dalam hati sambil melihat ke sebuah pertigaan di dekat rumah. Kenapa di pertigaan itu ? Entahlah. Aku selalu bersedih tiap kali melihat pertigaan itu. Ada sesuatu yang menyedihkan. Tapi aku sendiri tidak bisa menjelaskan apa itu.

Lampu hijau untuk pejalan kaki sudah menyala. Aku pun mulai berjalan, menggandeng tangan bapak yang ada di sebelahku. Bapak berkaos hitam, bergambar tengkorak. Di seberang jalan, ada sebuah apartemen. Apartemen yang di kamar 1304, ada tulisan “Mr. Rindra”.

h1

Daun

September 3, 2015

Kubuka jendela yang sejak pagi kututup
Mentari sudah mulai menunjukkan wajahnya
Bunga di samping jendela sudah berkuncup
Tapi mataku tertuju pada daun yang bersangga di rantingnya

Ia terdiam, merunduk, seperti sedang menanti
Mungkin ia rindu pada sang tanah ?
Tapi ia tetap tidak bisa jatuh ke bawah
Masih kuat ia terikat tanpa henti

Ia menanti angin berhembus menghempasnya
Angin yang membantunya melepas rindu
Kelak ketika sudah datang, ia akan melepas pegangannya
Jatuh menghunjam ke bawah, melepas rindu

Mengapa aku tertarik dengan daun itu ?
Mungkin karena dia seperti aku.

h1

Langit

September 2, 2015

Hanya ada satu langit di dunia
Langit yang membentang di angkasa
Langit tempat awan menggantungkan hidupnya
Langit tempat matahari berkuasa
Langit tempat bulan bercahaya
Langit tempat manusia menuang rindunya
Langit yang memisahkan kita
Langit membuat jarak di udara
Langit yang tak bisa diinjak kaki kita
Langit yang membuat sayap kita tak berdaya
Langit yang menjadi pusat semesta
Langit juga yang menghantar komunikasi kita
Langit yang menyambung suara kita
Langit juga yang menyambung ketukan papan ketik kita

Langit yang sama
Langit yang hanya satu di dunia
Langit yang membuat bisu kita jadi bicara
Langit yang membuat sunyi menjadi kata
Langit yang teristimewa

Kepada langit aku meminta
Sampaikan tulisan ini kepadanya
Tertuang rindu dariku di Jakarta
Untuk kamu di Osaka